Mengatasi Notebook Terkena Air

Dalam banyak hal, termasuk yang menyangkut teknologi seperti notebook, seringkali kerusakan yang timbul adalah karena kecrorobohan pemakainya (human eror). Contoh sederhana yang juga sering menjadi penyebab keruskan notebook adalah tumpahan air, seperti minuman kopi atau teh yang mengenai notebook ketika pengguna nya sedang minum di meja. Hal tersebut dalam banyak kasus menyebabkan notebook menjadi rusak, bahkan tidak jarang mati total.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda ambil apabila hal tersebut terjadi.

KEYBOARD

Air yang tumpah dan mengenai keyboard sangat sering terjadi dan menjadi faktor utama penyebab kerusakan notebook. Jika hal tersebut terjadi segera matikan notebook anda melalui tombol on/off, bukan melalui keyboard. Karena jika anda mematikan notebook anda dengan menekan tombol-tombol pada keyboard, secara otomatis keboard anda akan menjadi korslet. Setelah notebook anda mati segera lepas keyboard anda lalu keringkan.

LAYAR

Jangan pernah anda menyalakan notebook jika layarnya terkena air. Bongkar LCD nya dan lepas inverternya. Komponen ini sering kali mati jika pada saat anda membersihkan layar. Airnya masuk ke sela-sela dan mengenai notebook anda. Hal yang harus anda lakukan adalah dengan membongkar LCD nya dan melepas inverternya lalu di keringkan.

MAINBOARD

Bagian ini sangat jarang tersentuh air karena bagian atasnya tertutup oleh keyboard. Namun, jika notebook anda tercelup ke dalam air tentu juga akan membasahi mainboardnya. Segera angkat notebook anda kemudian bongkar total dan keringkan semua komponennya.

Nah, Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s